PILKETOS Di SMK N 1 BULAKAMBA

Pemilihan Ketua OSIS (PILKETOS)  secara voting bukanlah barang baru dalam dunia pendidikan di Indonesia. Pengurus OSIS bersama ketua OSIS berkeliling ke kelas-kelas untuk memberikan orasinya secara singkat  dan kemudian melakukan pemungutan suara di kelas-kelas ,hal seperti itu sering dilakukan pada waktu sebelumnya . Kegiatan pemilihan dengan gaya demikian di rasa kurang melibatkan siswa secara aktif, padahal siswa-siswi ingin melakuakan seperti apa yang dilakukan masyarakat secara umum pada saat pemilihan umum.

            Sebagai upaya mewujudkan demokrasi di sekolah,OSIS SMK N 1 Bulakamba menyelenggarakan pemilihan ketua Osis secara langsung, terlebih dahulu pemilih dikumpulkan di halaman utama untuk mendengarkan  visi dan misinya secara langsung . Tujuannya supaya bisa di dengarkan secara langsung apa yang disampaikannya dan upaya pembelajaran demokrasi yang menghargai orang lain dalam perbedaan .Demokrasi di sekolah sebagai wujud nyata, agar siswa-siswi memahami demokrasi  yang sesungguhnya seperti dalam kehidupan masyarakat, caleg dan capres berkampanye di hadapan pendukungnya. Calon ketua Osis bisa di tanya langsung oleh calon pemilihnya pada saat masuk ke kelas-kelas ,dan calon pemilihnya pun bisa melihat langsung calon ketua osisnya .Pemilihan langsungnya dengan cara menulis no pasangan .

            Di ikuti oleh tiga pasang calon ketua OSIS adalah :Pasangan nomer urut 1 Ahmad Syarif Hidayat (XI TIPTL 1) dan Nia Kurniati (XI TKR3) ,Pasangan nomer urut 2 Achmad Nur Kholik (XI TKR1) dan Imas Martiana (XI TAV 2),Pasangan nomer urut 3 Eko Syeh Maulan (XI TBSM 1) dan Siti Nur Hasanah (XI TAV 1)

            Pelaksanaan demokrasi di SMK N 1 Bulakamba di laksanakan pada hari senin 13 Agustus 2018, jam 08.00 pagi selasai jam 13.00, bertempat di kelas-kelas ,  di ikuti 3 pasang calon ,  ,panitianya perwakilan masing masing kelas,  pencoblosan dengan cara calon masuk  ke kelas ,pencoblosanya dengan cara menulis nama calon, karena pemilihnya sudah bebas buta huruf semua , proses pemilihannya berjalan dengan lancar dan aman.

            Setelah proses pemilihan selesai seketika itu juga langsung dihitung dan disaksikan oleh masing-masing perwakilan kelas ,hak suara 1074 siswa   ,dengan perincian peolehan suara masing-masing calon sebagai berikut :Pasangan no urut 2 mendapat  404 suara,Pasanga no urut 1 mendapat 358 suara,Pasangan no urut 3 mendapat  312 suara.

            Walaupun pada waktu menyampaikan visi dan misi ada sedikit ketegangan saling memojokan dan saling menyerang .Tetapi setelah di hitung selesai mengakui keunggulan pasangan lain bersalaman dan  tetap rukun ,akur ,mau saling sapa ,tidak ada yang mengajukan keberatan , baik para saksi dan  para pendukungnya tetap tenang, tidak ada yang mau   mengajukan  pemilihan ulang, itulah wujud pendewasaan demokrasi yang siap kalah dan siap menang . Saya membayangkan andaikata para pemimpin bangsa  ,pemimpin negara,calon legislatif,generasi penerus bangsa selalu legowo dalam meneriam kekalahan secara sefortif seperti yang dilaksanakan calketos di SMK N 1 Bulakamba ,maka akan terwujud kedamaian , ketenangan dan ketentraman negara Indonesia ini.  Amin!  (Rs)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*