MAJU LOMBA LKS KE TINGKAT NASIONAL XXVI th. 2018

Abdul Aziz, siswa kelas XII Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) SMK Negeri 1 Bulakamba tahun 2018 ini akan maju Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) ke tingkat Nasional. Siswa tersebut mewakili provinsi Jawa Tengah setelah dalam lomba ketrampilan siswa tingkat provinsi yang ke XXVI berlangsung 26 -29 November 2017 di karesidenan Pati, berhasil keluar sebagai Juara I, setelah mengalahkan wakil wakil dari SMK utusan kabupaten/ Kota se provinsi Jawa Tengah.

Untuk mengikuti lomba LKS tingkat Nasional ke XXIV tahun 2018 ini, berbagai persiapan telah dilaksanakan baik persiapan secara pengetahuan, ketrampilan (hardskill) dan persiapan secara softskill. Persiapan dilakukan didalam sekolah dan diluar sekolah, serta pemantapan yang dilakukan dengan bantuan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah maupun dan lembaga pendidikan yang ada di Jakarta.

Dengan persiapan yang matang dan berbekal pengalaman prestasi yang diraih siswa SMK Negeri 1 Bulakamba di ajang lomba tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional tahun tahun sebelumnya, mudah mudahan Siswa SMK Negeri 1 Bulakamba yang mewakili Provinsi Jawa Tengah diajang Lomba ketrampilan Siswa tingkat Nasional ke XXVI di kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat mampu untuk meraih juara pertama. Prestasi siswa NKPI yang diraih 6 tahun terakhir adalah Juara I tingkat Provinsi (2012), juara II tingkat Nasional (2013) Juara II tingkat Provinsi (2014) dan Juara I tingkat Provinsi (2015), Juara I Tingkat Nasional ( 2016) dan Juara II Tingkat Nasional ( 2017 ).

Lomba Ketrampilan Siswa tingkat Nasional merupakan salah satu ajang yang sangat diminati dan dinanti nanti bahkan menjadi menjadi impian bagi banyak sekali siswa SMK untuk dapat berlaga di ajang kompetisi ketrampilan ini. Karena ajang lomba kerampilan siswa ini dilaksanakan berjenjang kompetisinya dari tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, nasional, tingkat ASEAN  bahkan sampai tingkat dunia yakni Word Skill Competition.

Lomba ketrampilan siswa merupakan salah satu lah sacuan untuk mengukur kualitas lulusan yang dihasilkan oleh SMK. Karena kulaitas SMK ini merupakan salah satu parameter untuk mengukur majunya suatu Negara. Terkait dengan hal tersebut maka Lomba Ketrampilan Siswa diadakan setiap tahun dengan kompetisi pelaksanaan yang semakin baik  dan ketat.

Selain dilaksanakan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK)  Tingkat Nasional ke XXVI, juga diadakan Lomba bagi pemuda- pemudi berusia 16 s.d 21 tahun dalam skema online meliputi 5 bidang lomba bertajuk South East Creative Camp ( SEACC) 2018, Seminar Nasional dan Internasionl, Pameran Produk inovasi Siswa SMK, Literasi Sekolah, Program One School One Province, (OSOP) One School One Country (OSOC), WSC show skill sertifikasi kompetensi dan rekruitmen, yang merupakan agenda tahunan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rencana Lomba Ketrampilan Siswa tingkat Nasional yang ke XXVI akan berlangsung tanggal 6 – 12 Mei 2018 di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan yang memperlombakan 51 mata lomba program keahlian SMK ini, LKS SMK Tingkat Nasional ke XXIV, terdiri dari 51 jenis bidang lomba. Selain LKS, akan ditampilkan Pameran Unggulan Hasil Karya Siswa yang merupakan ajang pameran hasil karya siswa SMK Unggulan yang memiliki nilai jual, dan ditunjuk oleh provinsi. LKS SMK ke XXVI dan pameran unggulan SMK bertujuan mengukur capaian kompetensi sesuai standar kompetensi lulusan SMK serta dalam upaya mempromosikan lulusan SMK dan kepada dunia usaha/dunia industri serta pemangku kepentingan lainnya

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*