VISITASI DAN VERIFIKASI 4 PILAR AMAN ASTRA INTERNATIONAL

Kamis, 8 Februari 2018, SMK N 1 Bulakamba mendapatkan kesempatan dikunjungi oleh tamu kehormatan, yaitu Astra International. Induk dari Astra Grup seperti PT. Astra Honda Motor, PT. Pama Persada Nusantara, PT. AISIN, dan perusahaan besar yang lainnya, melakukan kunjungan ke SMK N 1 Bulakamba untuk melakukan verifikasi mengenai program 4 PILAR AMAN yang sudah berjalan selama kurun waktu tujuh tahun, yaitu sejak tahun 2012 hingga tahun 2018. Program 4 PILAR AMAN yang digagas diantaranya adalah MANUSIA AMAN, MOTOR AMAN, PERATURAN AMAN, dan LINGKUNGAN AMAN.

Gambar 1. Tim verifikator Astra International

Program ini berawal dari kegiatan Safety Riding, yang awalnya dilakukan dan menjadi sebuah program unggulan dan wajib di salah satu paket keahlian, berkembang menjadi sebuah budaya yang menyeluruh di sekolah. SMK N 1 Bulakamba, yang menjadi salah satu SMK Binaan Astra Honda Motor, tepatnya lagi pada paket keahlian Teknik Sepeda Motor yang telah menerapkan program safety riding  sejak tahun 2012, yaitu program yang mengajarkan kepada para peserta didik untuk belajar bagaimana mengendarai sepeda motor dengan baik serta memberikan informasi tentang aturan berlalu lintas.

Seiring berjalanya waktu, dapat disadari bahwa safety riding bukan hanya itu saja, melainkan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Kemudian banyak hal lain yang secara tidak disadari pula, dengan bertambahnya pengguna kendaraan bermotor maka dibutuhkan lingkungan yang layak serta memadai. Dari sini lah kemudian program 4 PILAR AMAN muncul untuk mengatasi berbagai masalah yang ada.

Program 4 PILAR AMAN yang pertama adalah MANUSIA AMAN, bertujuan untuk mengajarkan dan mendidik para siswa untuk aman berkendara. Safety riding menjadi materi wajib untuk seluruh siswa dan semua paket keahlian. Materi safety riding sudah diperkenalkan pada saat PLS ( Pengenalan Lingkungan Sekolah), kemudian ekskul safety ridng baik teori maupun praktek, dan juga ekskul SIM C. Selanjutnya adalah MOTOR AMAN, bertujuan untuk memberikan informasi terkait jumlah pengendara sepeda motor yang ada di sekolah, registrasi motor aman, safety check (pemeriksaan kondisi dari sepeda motor yang digunakan oleh siswa), dan pelaksanaan servis kunjung SMK baik internal ataupun eksternal. PERATURAN AMAN, program ini bertujuan membentuk karakter siswa yang baik, disiplin, dan bertanggungjawab. Semisal memberikan punishment untuk sepeda motor yang tidak sesuai standard. LINGKUNGAN AMAN bertujuan memberikan kenyamanan bagi seluruh warga sekolah, semisal tempat parkir yang rapi, rambu-rambu keselamatan, adanya media informasi keselamatan, dan arena pelatihan safety riding serta SIM C.

Kegiatan verifikasi Astra International ini dibuka dengan penyambutan meriah oleh Tim PKS (Patroli Keselamatan Sekolah) yang unjuk gigi dalam senam Lantas, dan disusul kreasi seni tari daerah dari siswa yang menampilkan  Tari Bawang.

Gambar 2. Senam Lantas oleh tim PKS dalam rangka penyambutan Astra International

Gambar 3. Kreasi tari daerah “Tari Bawang” oleh siswa dalam rangka penyambutan Astra International

 

Pada pelaksanaannya, verifikasi yang dilakukan Astra International adalah dengan melihat proses pelaksanaan 4 PILAR AMAN secara langsung, yaitu saat aktifitas warga sekolah dimulai, safety check, simulasi kegiatan PLS, simulasi servis kunjung, simulasi pelatihan UJI SIM C, dan juga melihat administrasi 4 PILAR AMAN.

Gambar 4. Verifikasi PILAR LINGKUNGAN AMAN oleh Astra International

Kegiatan verifikasi yang juga dihadiri oleh Satlantas Polres Brebes ini juga diikuti dengan pemberian bantuan dari Astra Motor berupa Bantuan 50 SIM C untuk para siswa siswi SMK N 1 Bulakamba, namun dengan syarat lolos dalam seleksi UJI SIM C internal terlebih dahulu. Setelah kegiatan verifikasi selesai, dilanjutkan dengan aksi penanaman pohon langka bersama dengan jajaran Astra International, dan juga Satlantas Polres Brebes.( FF )

Gambar 5. Pemberian bantuan 50 SIM C dari Astra Motor

Gambar 6. Penanaman pohon langka oleh Astra International dan Satlantas Brebes

Gambar 7. Alur registrasi MOTOR AMAN siswa

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*