CEK GOLONGAN DARAH

APA ITU CEK GOLONGAN DARAH???

Cek Golongan Darah merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui golongan darah seseorang.Cek Golongan Darah dilakukan dengan mengambil sampel darah terlebih dahulu. Petugas biasanya mengikat tali elastis disekitar lengan pasien.,agar pembuiuh terlebih dahulu. Petugas biasanya mengikat tali elastis disekitar lengan pasien.,agar pembuluh darah bisaterbendung.Setelah itu,dokter akan membersihkan kulit disekitar pembuluh darah darah tersebut menggunakan alkohol. Kemudian jarum suntik akan ditusukan ke dalam pembuluh darah melalui kulit untuk mengambil sampel darah.

26 September 2019 merupakan salah satu program kerja rutinan OSIS di SMKN1 BULAKAMBA yaitu acara Cek Golongan Darah dengan tema“SETETES DARAHMU MASA DEPANMU””yang bertempat di AULA DIPONEGORO. Acara Cek Golda dibuka langsung oleh Ibu Dra. Rr Ismijarti Retnoningtyas selaku Kepala SMK Negeri 1 Bulakamba serta dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Bapak M Himawan, SW, SP dan Pembina OSIS ibu Henny Setyorini, SPd serta perwakilan guru dari SMK Mitra Karya Mandiri Ketanggungan. Kegiatan ini dikhususkan untuk kelas 10 di SMK N 1 BULAKAMBA yang bertujuan untuk mengetahui golongan darah siswa dan siswi.Acara ini Alhamdulillah mendapat antusias yang baik dari peserta maupun dari guru.Kami mengucapkan terima kasih

Kepada pihak SMK Mitra Karya Mandiri Ketanggungan yang sudah bekerja sama dalam acara ini. Dan Terima Kasih Kepada Ibu Kepala Sekolah dan Jajaran dibawahnya yang sudah mendukung acara ini . Berlatar belakang masih banyaknya siswa – siswi yang belum tahu golongan darahnya masing – masing dan merupakan Program Kerja OSIS maka OSIS SMK SMK N 1 Bulakamba mengadakan kegiatan Cek Golongan Darah yang dalam Program Kerjanya diadakan setiap bulan September tiap tahunnya  

SMK Negeri 1 Bulakamba adalah salah satu sekolah yang menerapkan kedisiplinan dan juga peduli terhadap siswa-siswinya. OSIS sebagai salah satu Organisasi disekolah juga berperan dalam kepedulian terhadap siswa-siswi SMK Negeri 1 bulakamba, salah satu program kerjanya salah mengadakan cek golongan darah bagi siswa-siswinya. Program kerja ini adalah salah satu kegiatan rutin dismk yang sudah berjalan setiap tahunnya.

Dalam melaksanakan kegiatan ini pegurus osis tidak mengundang dokter ataupun tenaga perawat dari puskesmas atau Rumah Sakit. tetapi OSIS SMK N 1 BULAKAMBA mengadakan kerja sama dengan sekolah lain yaitu dengan Sekolah Menengah Kejuruaan Mitra Karya Mandiri Ketanggungan dan ini sudah untuk Kelima Kalinya bekerjasama. Kerja sama ini sudah berjalan erat dan berlangsung setiap tahun. Hal ini juga dapat mempererat tali silaturahim antar sekolah.

Proses kegiatan ini adalah dari pertama pengurus osis mendata siswa-siswi SMK Negeri 1 Bulakamba khususnya kelas 10. Dari jumlah siswa-siswi kurang lebih 528 anak. Sekitar 520 an anak yang melakukan pengecekan hampir 95 % anak mengikuti cek golongan darah. Cek golongan darah ini dipungut biaya Rp 10.000,- untuk membayar alat pembaca cek golongan darah dan bahan/peralatan yang digunakan dalam pengecekan darah. Setelah pengumpulan data siswa- siswi. Dari pihak pengurus osis mengirim surat ke SMK Mitra Karya mandiri Ketanggungan untuk mengadaan kerjasama untuk CEKGOLDA yang akan diadakan pada hari sabtu tanggal 26 September 2019. Untuk tempatnya sendiri adalah diaula Diponegoro SMK N 1 Bulakamba. Kemudian kami mempersiapkan proses selajutnya seperti pengecekan data kepastian siwa siswi yang akan mengikuti CEKGOLDA, sekaligus penarikan iuran persiswa, setelah semua itu selesai kami berlajut mempersiapkan untuk pelaksanaan.

Dengan berbagai pesiapan yang sangat matang, sampailah pada waktu pelaksanaan CEKGOLDA, kami dari pengurus OSIS menyambut kedatangan Guru beserta siswa-siswi SMK MKM Ketanggungan kamipun antar mereka sampai aula Diponegoro  dimana tempat cekgolda akan dilaksanakan, dari pengurus OSIS pun berkordinasi dengan guru SMK N 1 Bulakamba dengan sebaik mungkin agar tidak terlalu mengganggu jam KBM yang sedang berjalan meskipun ada kegiatan.  Sebelum diadakan pengecekan golongan darah dari SMK MKM member materi terlebih dahulu tentang Komponen yang ada didalam darah Kemudian mulailah pergantian dari kelas perkelas kami mulai dari kelas X TKR 1 untuk melaksanakan CEKGOLDA, siswa yang akan diperiksa diabsen sebelum masuk aula setelah itu mereka masuk dan duduk, merekapun dibagikan alat berupa kertas untuk menegecek golongan darahnya, merekapun diabsen untuk bergiliran dicek darahnya oleh guru dan siswa dari SMK MKM setelah selesai mereka disuruh untuk menunggu selagi darah yang diperiksa diberi cairan untuk mendeteksi golongan darahnya. Dari berbagai siswa ada yang golongan darahnya A, B, AB dan O. Setelah kelas pertama slesai berlanjut dengan kelas selanjutnya sampai selesai.

Hingga tak terasa dengan kerja sama yang sangat akrab antar pengurus dan pihak dari SMK Mitra Karya Mandiri,sampailah kepenghujung acara dimana semua siswa siswi SMK NEGERI 1 BULAKAMBA yang kususnya kelas (X)/tingkat 1 telah selesai melaksanakan kegiatan CEKGOLDA                     

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*