MOU LABORATORIUM KULTUR JARINGAN SMKN 1 BULAKAMBA & ASTRA HONDA MOTOR

Kerjasama SMK Negeri 1 Bulakamba dengan PT. ASTRA HONDA MOTOR tidak hanya dengan program keahlian Teknik Sepeda Motor (TSM), tetapi juga dengan program keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH).

Astra Honda Motor Tbk sebagai perusahaan motor terbesar di Indonesia mempunyai kewajiban dan tanggungjawab terhadap lingkungan untuk mengurangi emisi gas polusi yang dihasilkan dari asap sepeda motor. Melalui bagian Corporate Sociaty Responsibility (CSR) PT. AHM mempunyai banyak program peduli lingkungan dengan menggandeng sekolah-sekolah dan menjadikan Sekolah Adiwiyata, Sekolah Kultur Jaringan pada setiap propinsi yang tersebar di seluruh Indonesia serta program pelestarian tanaman langka (program Pranaraksa) . Dengan tujuan untuk dapat menciptakan lingkungan yang hijau, mengedukasi siswa-siswa generasi muda penerus bangsa agar melestarikan lingkungan hidup, serta mengembangkan bibit-bibit bermutu untuk penghijauan dan pelestarian lingkungan hidup.

SMKN 1 Bulakamba merupakan sekolah perwakilan propinsi Jawa Tengah yang terpilih untuk mendapatkan Bantuan Saran Pendidikan Peralatan Laboratorium Kultur Jaringan dan Program Diklat Bagi Instruktur Kultur Jaringan dan program Pranaraksa.  Kerjasama SMK Kultur Jaringan sudah dimulai pada tahun 2017 sedang program Pranaraksa tahun 2018 ini.  Program Kultura Jaringan sudah didahului dengan bantuan Diklat Bagi 2 orang Instruktur Pengampu Laboratorium Kultur Jaringan yang berlangsung selama selama 4 hari pada tanggal 12 – 16 Oktober 2017 di Pudiklat AHM – IPB Bogor.  Bantuan Pengadaan Sarana Pendidikan (berupa Peralatan) Kultur Jaringan terealisasi pada tanggal 15 Desember 2017.  Untuk program Pranaraksa kita mengadakan penanaman pohon tanaman langka di lingkungan sekolah dengan bantuan penggantian biaya tanaman.

Kerjasama dan MOU antara PT. AMH, Yayasan Astra Honda Motor dan PT. Astra International Tbk-HONDA dengan SMK Negeri 1 Bulakamba Brebes tertuang secara resmi dalam Dokumen Resmi SURAT KERJASAMA KEGIATAN LINGKUNGAN (SKKL) Nomor : 04 /EHSGASYDEV/AHM/VII/2018 tanggal 27 Agustus 2018 tentang BANTUAN SARANA PENDIDIKAN PENGEMBANGAN LABORATORIUM KULTUR JARINGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NASIONAL.

Di dalam SKKL MOU dinyatakan kesepatakan dan komitmen bersama untuk melaksanakan kegiatan pengembangan laboratorium Kultur Jaringan dengan Produski Bibit Tanaman untuk menyerap emisi kendaraan yang dapat mengurangi dampak gas Rumah Kaca dari produksi dan penjualan sepeda motor Honda sebagai wujud pelestarian lingkungan hidup dan penataan Peraturan Presiden No 61 Tahun 2011 perihal pengurangan dampak Gas Rumah kaca terhadap pemanasan global yang berlokasi di SMK Negeri 1 Bulakamba Brebes jawa Tengah yang disebut program GO GREEN WITH HONDA.

Dengan adanya Kerjasama dan MOU ini maka PT. AHM melalui Yayasan Astra Honda Motor memberikan Bantuan Peralatan dan Bahan Kultur Jaringan pada tahun pertama senilai maksimal RP. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah) berupa bantuan barang.  Pada tahun kedua dan ketiga senilai Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah).

Sedang pihak SMKN 1 Bulakamba Brebes mempunyai kewajiban menyediakan bangunan laboratorium ber-AC lengkap.  SMKN 1 Bulakamba juga berkewajiban memproduksi Bibit Tanaman hasil Kultur Jaringan siap distribusi penanaman sebanyak 1.200 tanaman/tahun.

“Relevansi PENGGUNAAN Dalam Proses KBM”

Adanya Bantuan dan Kerjasama MOU ini sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak.  Bagi SMKN 1 Bulakamba khususnya program keahlian ATPH sangat mendukung fasilitas KBM terutama bagi mapel baru dari Kurikulum 13 versi 2017 yaitu mapel Kultura Jaringan, yang baru mulai dilaksanakan di kelas XI pada semester Gasal tahun pelajaran 2018/2019 ini.  Produksi bibit melalui teknik kultur jaringan merupakan tantangan tinggi karena merupakan hal baru bagi kita dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan keberhasilan yang kecil.  Adanya target produski hasil kerjasama ini yaitu 1.200 bibit/tahun juga merupakan semangat kita untuk mewujudkannya.  Kami mohon do’a dan dukungannya agar kerjasaman ini dapat berjalan dengan baik demi nama baik SMKN 1 Bulakamba kita tercinta.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*