Dies NATALIS XVII SMK NEGERI 1 BULAKAMBA TAHUN 2017

Setiap lembaga pasti mempunyai satu hari yang akan terus diperingati setiap tahunnya. Dies Natalis  merupakan suatu hari jadi bertambahanya umur suatu lembaga tersebut. Dengan bertambahnya umur suatu lembaga ini, diharapkan pula akan menjadi lembaga yang lebih baik kedepannya . Begitu pula SMK NEGERI 1 BULAKAMBA. Dalam menyambut DIES NATALIS nya yang ke XVII Tahun ini, diadakan beberapa event untuk memeriahkan acara Dies Natalis Sekolah ini. Diantara runtutan acara yang diadakan oleh OSIS SMK NEGERI 1 BULAKAMBA, yaitu mulai dari Ruqyah Massal, Pekan Ilmiah OSIS (PIO), Festival Band, dan Nebula Berdzikir.

  1. RUQYAH MASSAL

Dalam upaya sekolah untuk menjadikan siswa-siswinya yang memiliki kerohanian yang bersih dari segala gangguan, maka upaya itu berusaha dicapai dengan diadakannya kegiatan Ruqyah Massal yang dimana baru pertama kali diadakan di SMK NEGERI 1 BULAKAMBA. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi tentang Ruqyah Syar’iyah yang diajarkan oleh Rasululloh Saw.

Peserta yang berminat untuk mengikuti kegiatan ini dapat mendaftarkan dirinya ke panitia penyelenggara, yaitu OSIS. Tercatat, ada 124 peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Untuk mengatasi membludaknya peserta yang mengikuti acara tersebut, maka dibuatlah dua kloter supaya

pelaksaan kegiatan tersebut lebih kondusif dan efektif.Untuk peruqyah nya sendiri pun didatangkan dari daerah Wanacala,Larangan, Brebes. Beliau mengaku telah menangani berbagai gangguan yang dihgadapi saat prosesi ruqyah berlangsung. Ustadz Bukhori,  begitu panggilan beliau yang sengaja diundang untuk menangani pasien ruqyah yang ada di SMK N 1 BULAKAMBA.

Setelah pra acara, sambutan-sambutan, dll, dimulailah prosesi ruqyah oleh Ustad Bukhori. Dengan membaca ayat-ayat Suci Al-Qur’an,Ustad Bukhori pun tak butuh lama, beberapa siswi merasa terganggu dengan bacaan-bacaan ustadz, siswi-siswi tersebut pun menjerit dan meronta-ronta seakan ingin keluar dari ruangan ruqyah. Siswi yang seperti inipun dibawa dan diangkat ke depan ruangan supaya bisa ditangani lebih lanjut oleh terapis ruqyah. Suasana mulai tak terkendali saat puluhan siswa-siswi kerasukan makhluk gaib itu. Dengan terus melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an  Ustad Bukhoripun sedikit demi sedikit  mengeluarkan jin-jin  yang bersemayam didalam tubuh siwa-siswi tersebut .Reaksi jin ini bermacam macam, mulain dari kepanasan, meronta-ronta sampai kegenitan dengan salah satu siswa kelas XII. Setelah semua jin-jin tersebut dikeluarkan dari dalam diri siswa, Ustadz bukhoripun turut meruqyah beberapa tempat di SMK NEGERI 1 BULAKAMBA.  Setelah semua prosesi dilakakukan, Ustad Bukhoripun telah melaksanakan tugasnya dan ditutup dengan ngobrol-ngobrol hangat denga waka kesiswaan, Pak Himawam, SP dan beberapa guru SMK.

 1. Pekan Ilmiah OSIS (PIO)  

Suatu event yang setiap tahunnya rutin dilaksanakan, adalah Pekan Ilmiah OSIS (PIO). Perlombaan yang manandingkan siswa-siswi SMP/MTs sederajat ini salalu mendapatkan respon positif dari sekolah-sekolah yang diundang. Tercatat tahun ini terdapat ****** peserta yang ikut berpartisipasi mengikuti 2 mata pelajaran yaitu, MIPA dan Bahasa.  Dalam Mapel MIPA siswa dituntut untuk megerjakan 40 soal dalam waktu 120 menit dalam babak penyisihan. Dalam Mapel BAHASA siswa dituntut mengerjakan 50 soal dalam waktu 120 menit pula. Setelah 120 menit dilalui peserta pun mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada panitia, panitiapun segera melukakn pengoreksian jawaban. Sementara panitia mengoreksi jawaban, Peserta PIO ini untuk sementara diajak mengenali lebih jauh SMK NEGERI 1 BULAKAMBA, dengan diajak keliling di seluruh bengkel dan Program studi yang ada di SMK, mulai dari TKR,TIPTL, TEAV, ATPH, NKPI, dan TSM. Setelah proses pengoreksian selesai, peserta lalu diarahkan kembali ke Aula untuk mendengarkan pengumuman tahap 1, peserta yang lolos pengumuman tahap 1 lalu masuk ke babak selanjutnya yaitu babak semi final untuk matematika dan final untuk mapel BAHASA.   Setelah babak penyisihan dilalui peserta, dilanjut ke babak semi final, peserta yang masuk babak semi final ini ditandingkan untuk mengerjakan 10 soal untuk Mapel Matematika, sedangkan untuk mapel BAHASA, langsung melanjut ke babak Final yaitu Presentasi powerpoint mengenai salah satu materi yang telah disiapkan panitia lomba. Setelah babak semi final Matematika muncullah hasil 5 anak untuk melanjut ke babak final. Di babak final matematika ini, peserta diharuskan menjawab dan mempresentasikan hasil jawabannya di depan dewan juri yang merupakan guru di SMK N 1 BULAKAMBA. Setelah semua babak telah dilalui, maka selanjutnya tibalah moment yang ditunggu-tunggu yaitu pengumuman juara lomba. Untuk Juara Mata pelajaran  MIPA yitu juara satu diraih oleh Ananda**** dari  SMP****, dan juara 2 diraih oleh *** dari SMP, dan juara 3 diraih oleh*** dari SMP . Untuk Mapel Bahasa Juara 1 diraih oleh*** dari SMP, juara 2 diraih oleh *** dari SMP , dan juara 3 diraih oleh *** dari SMP.  Juara umum tahun ini diraih oleh SMP NEGERI 2 BREBES dengan membawa *** piala.

2.  Festival Band

Tahun ini merupakan tahun pertama diadakannya Festival Band, yang mana mempertandingkan Keterampilan siswa dalam bermain musik. Baik itu aransemen lagu, vocal dan musik menjadi aspek penilaian dalam perlombaan ini. Peserta Perlombaan ini merupakan siswa-siswi SMK NEGERI 1 BULAKAMBA yang mewakili jurusannya masing-masing.Satu jurusan wajib dan hanya boleh mengirimkan 2 grup band yang sekiranya memiliki kemampuan dalam bidang ini. Sebelum hari H pelaksanaan, para peserta ini telah mempersiapkan grup nya masing masing dengan berlatih dan mengasah kemampuan mereka jauh-jauh hari dari pelaksanaan. Diharapkan dengan kegiatan ini, siswa-siswi bisa lebih kreatif dan inofatif dalam mengkreasikan musik. Dalam Lomba ini peserta diperkenankan membawakan 2 buah lagu, ada lagu wajib yaitu Jamrud yang berjudul Selamat Ulang tahun dan satu lagu bebas yang ganre nya dibatasi tidakl boleh metal, SKA, Reggae, Punk dan genre-gense seupa lainnya. Di tahun ini Juara nya diraih oleh **** Band dari NKPI sebagai predikat juara 3, Agronistik Band sebagai predikat juara 2, dan Kepri Band Sebagai predikat juara pertama. Pemanang-pemenang ini mendapatkan hadiah berupa piala dan piagam penghargaan.

3. Nebula Berdzikir

Nikmat bertambahnya umur lembaga ini senantiasa diimbangi dengan rasa syukur kepada Allah Swt, sebagai salah satu bentuk rasa syukur ini yaitu dengan diadakannya acara Nebula berdzikir yaitu acara pengajian bersama Ustad Bukhori yang jamaahnya merupakan siswa-siswi SMK N 1 BULAKAMBA itu sendiri. Acara dzikir ini dilaksanakan mulai dari pukul 20.00 – 22.00 WIB.  Acara dibuka dengan penampilan Tilawatil Qur’an yang dibawakan oleh ananda M.Rizkon, dilanjut Sambutan dari Ketua OSIS, dan Sambutan dari Kepala Sekolah yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Himawan, SP . Setelah pra Acara dilaksanakan dengan penampilan Hadroh Babussyafaan ROHIS NEBULA, acara pun dilanjut dengan acara inti, yaitu Dzikir bersama. Seketika langit SMK N 1 Bulakamba bergemuruh dengan lantunan dzikir yang dilantunkan para jamaah Pengajian tersebut.  Dengan diadakannya kegiatan seperti ini, diharapkan siswa-siswi SMK NEGERI 1 BULAKAMBA dapat senantiasa mendekatkan diri dan meningkatkan iman dan takwa nya kepada Allah Swt.

4. Road Safety Campaign

Masih dalam suasana Dies Natalis XVII SMK Negeri 1 Bulakamba, Kegiatan kali ini berlanjut ke Road Safety  Campaign, yaitu kegiatan dari PT. ASTRA HONDA MOTOR (AHM) . Kegiatan ini berupa pengenalan dunia kerja, pengenalan cara membuat web/blog design, dan safety riding. Peserta kegiatan ini merupakan siswa-siswi SMK N 1 Bulakamba dan siswa-siswi SMA/SMK lain yang berada di Sekitar SMK N 1 Bulakamba. Pada kegiatan ini, peserta diajak untuk lebih mengenal dunia industri, mengenal cara membuat blog design, dan cara mengendarai motor yang aman. Peserta pengenalan dunia kerja yang merupaka siswa-siswi kelas XI ini mengaku sangat berantusias mengikuti kegiatan ini, begitu pula dengan kegiatan web blog design dan safety riding. Peserta jadi lebih tahu dan mengerti ilmu-ilmu baru yang bellum pernah mereka dapat di sekolah/ tempat lain. Di penghujung acara, segenap panitia dan komisaris AHM menyempatkan untuk berswafoto bersama untuk mengabadikan momen itu. Setelah foto bersama, diadakanlah pengumuman kuis yang berhadiahkan kaos dan beberapa souvenir lainnya khas AHM.

5. Penanaman Mangrove di Pandansari

Dalam Upaya untuk melestarikan alam dan memberikan edukasi kepada siswa tentang pengjijauan lahan, bertepatan pula dengan Dies Natalis XVII SMK NEGERI 1 BULAKAMBA. ASTRA HONDA MOTOR (AHM) Bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Bulakamba mengadakan Kegiatan penanaman mangrove di Pandansari Kaliwlingi, Brebes.Pada kegiatan ini, semua biaya diakomodasi seluruhnya Oleh AHM yang sengaja datang ke SMK dengan jajaran komisarisnya. Dalam acara ini, tak kurang dari 80 peserta yang diambil dari pengurus OSIS, Pramuka, dan PMR  ikut berpartisipasi menanam mangrove ini. Dimulai dengan berkumpul di Lapangan utama untuk brifing dan absen, acara dilanjut dengan berdo’a dan dilepas untuk menuju Pandansari dengan menaiki truck Kodim, truck Polisi dan beberapa mobil sekolah sendiri.

Sesampainya di lokasi yaitu pandansari, peserta kegiatan inipun dibariskan untuk ceremonil dengan komisaris AHM. Setelah semua persiapan selesai, ceremonial pun dilaksanakan. Penanaman mangrove secara simbolis pun tak lupa disematkan dalam ceremonil ini.    Setelah semua ceremoni selesai, acara pun dilanjut dengan acara inti dengan penanaman di lahan yang sudah ditentukan. Sebelum melangsungkan penanaman, tak lupa pula para peserta ini diarahkan untuk menyimak penjelasan dari Bapak mashadi yang merupakan penggerak lingkungan hidup itu. Setelah semua penjelasan dirasa cukup, Peserta pun dipersilahkan turun ke bibir sungai yang telah ditentukan untuk ditanami bibit pohon mangrove.Diharapkan dengan kegiatan ini para peserta teredukasi mengenai pentingnya koserfasi alam khususnya di Kabupaten Brebes ini.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*