LKS SMK TINGKAT NASIONAL XXVI 2018 MATA LOMBA NAUTIKA

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional adalah kompetisi keahlian siswa SMK yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

LKS SMK diselenggarakan pada tanggal 6 sampai 12 Mei 2018 yang berpusat di Lombok City Center (LCC), Nusa Tenggara Barat, yang merupakan penyelenggaraan LKS SMK ke 26. Selain di LCC, LKS juga berlangsung di SMKN 1 Lembar, SMKN 3 Mataram, SMKN 4 Mataram,  Hotel Lombok Raya.

Abdul Aziz, siswa kelas XII Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) SMK Negeri 1 Bulakamba tahun 2018 ini yang maju Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) ke tingkat Nasional pada Mata Lomba Nautika, Siswa tersebut mewakili provinsi Jawa Tengah, mengikuti lomba LKS tingkat Nasional ke XXIV tahun 2018 ini, berbagai persiapan telah dilaksanakan baik persiapan secara pengetahuan, ketrampilan (hardskill) dan persiapan secara softskill. Persiapan dilakukan didalam sekolah dan diluar sekolah, serta pemantapan yang dilakukan dengan bantuan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah maupun dan lembaga pendidikan yang ada di Jakarta.

Dengan persiapan yang matang dan berbekal pengalaman prestasi yang diraih siswa SMK Negeri 1 Bulakamba di ajang lomba tingkat Nasional tahun tahun sebelumnya, Siswa SMK Negeri 1 Bulakamba yang mewakili Provinsi Jawa Tengah diajang Lomba ketrampilan Siswa tingkat Nasional ke XXVI Tahun 2018 di kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat mampu untuk meraih juara pertama .

Setelah melalui serangkaian seleksi lomba maka diperoleh hasil  adalah sebagai berikut :

Peringkat 1 ABDUL AZIS SMKN 1 Bulakamba Brebes Nilai 99

Peringakat 2 SAMSUDIN SMKN 36 Jakarta Nilai  96

Peringkat 3 Wahyu Aji Pangestu SMKN TanjungSari DIY 85

Prestasi siswa NKPI yang diraih melengkapai  prestasi di mata lomba yang sama di tahun sebelumnya pada tingkat Nasional adalah juara II tingkat Nasional (2013), Juara I Tingkat Nasional (2016) dan Juara II Tingkat Nasional (2017)

LKS SMK merupakan salah satu wahana perlombaan sekaligus promosi kompetensi
siswa SMK kepada dunia usaha/dunia industri dan masyarakat sebagai calon pengguna
tenaga kerja. Penyelenggaraannya dilakukan melalui kegiatan lomba, yang merupakan proses
pengujian serta mempertunjukan kemampuan siswa-siswa SMK Program Keahlian Nautika
Kapal Penangkapan Ikan atau selanjutnya disebut sebagai lomba bidang Nautika Kapal
Penangkapan Ikan, adalah lomba dalam bidang Keahlian Penangkapan Ikan dengan kapal
Pukat Cicin (Purse Seine) dengan ukuran kapal panjang ≤ 24m dengan area pelayaran dalam
negeri. Serta cara bernavigasi kapal baik secara konvensional maupun moderen. Dalam
kegiatan ini kerja nyata dan simulasi dianggap mewakili kemampuan terstandar yang sesuai
dengan kompetensi sebenarnya.

Dalam pelaksanaan tahun ini, LKS juga memperlombakan 7 bidang lomba skala ASEAN dengan nama Southeast Asia Creative Camp (SEACC) yang melibatkan total 1.497 tim dari 9 negara.

Pemenang LKS SMK tingkat nasional tahun 2018 nantinya akan disiapkan untuk mengikuti World Skills Competition (WSC) tahun 2019 di Kazan, Rusia.

“Generasi Muda Zaman Now yang berkompeten dan berkarakter” dipilih menjadi tema LKS tahun ini.

Tidak hanya lomba, LKS juga menghadirkan banyak kegiatan lainnya, seperti pameran produk inovasi unggulan dari 34 provinsi, pameran produk kreasi siswa dari 20 SMK di NTB, pameran industri oleh 52 perusahaan, pojok literasi, workshop SEACC, one school one province (OSOP), sertifikasi kompetensi, workshop kebekerjaan, bazaar buku, menonton film bersama, dan job matching. Setiap harinya di panggung utama ditampilkan pula hiburan dan pertunjukan kesenian dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB.

LKS dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi bersama Gunernur NTB, TGB Zainul Majdi, dimana pembukaan LKS SMK dihadiri oleh 4.000 orang dan merupakan bagian dari rangkaian acara Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang tahun ini dipusatkan di Provinsi NTB.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*