Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI)

Jurusan ini memberikan kesempatan untuk menambah dan memperluas wawasan pengetahuan di bidang Ilmu Penangkapan Ikan dan Navigasi Laut. Para siswa dorong untuk menggali ilmu pengetahuan dan keterampilan semaksimal mungkin terutama dalam penerapan teknik penangkapan ikan serta bagaimana bernavigasi yang baik dalam pelayaran. Jurusan ini hanya diikuti oleh siswa saja,  dimana lulusan dari jurusan Nautika Perikanan Laut selain mendapat kan ijazah sekolah juga mendapatkan sertifikat Ahli Nautika Kapal Penangkapan Ikan tingkat II (ANKAPIN-II) yang diakui menjadi perwira kapal.

Tujuan Khusus Jurusan Nautika Perikanan Laut adalah untuk Menghasilkan tenaga teknis, ahli yang profesional dan berkepribadian tinggi di bidang perikanan yang memiliki :

  1. Kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang kompleks, khususnya dalam penangkapan ikan dan Navigasi Laut.
  2. Keterampilan mengoperasikan, merawat dan memperbaiki Alat penangkap ikan untuk pemanfaatan sumberdaya perikanan yang berorentasi pada penangkapan ikan yang bertanggung jawab.
  3. Keterampilan berwirausaha dalam bidang perikanan tangkap.

Mata pelajaran Nautika Perikanan laut diantaranya :

Metode dan TeknikPenangkapan, Bahan dan Alat Penangkapan, Ilmu Pelayaran Datar, Perencanaan Pelayaran, Olah Gerak, PIMTL, Pengetahuan Mesin, Peraturan & Perundang-undangan, Stabilitas, Komunikasi, Kecakapan Pelaut, Hukum Perkapalan, Navigasi Radar dan Elektronik, Oceanografi & Meteorologi, Penanganan Hasil Tangkapan, Biologi Perikanan, Bangunan Kapal, , Swakarya, Wirausaha, Praktek Kerja Lapangan.

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*